Awas !! Hanya Karena Puntung Roko Satu Hektar Lahan Hangus Terbakar


Kebakaran terjadi di lahan ilalang kawasan Gampong Paya Punteut, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Aceh, pada Sabtu tengah (14/3/2020) sekitar pukul 23.40 WIB. Penyebabnya diduga gara-gara seseorang membuang puntung rokok sembarangan.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, kekeringan membuat api menyebar cepat dalam kejadian tersebut. Warga yang berada di sekitar lokasi kemudian menghubungi anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Lhokseumawe. “Satu unit Damkar langsung dikerahkan ke lokasi,” kata Haslinda, staf BPBA dalam keterangannya kepada jurnalis, Minggu (15/3).

Bersama Tim Damkar Kota Lhokseumawe, warga setempat dan anggota TNI/Polri berusaha memadamkan api agar tidak merembes ke wilayah pemukiman. Api berhasil dipadamkan 1 jam kemudian atau Minggu dinihari, pukul 00.40 WIB. 

Sebelumnya, BPBA melaporkan angka kebakaran hutan dan lahan di Aceh semakin meningkat, mendominasi kejadian bencana secara keseluruhan. Sepanjang Februari 2020 misalnya, angka Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Aceh tercatat berjumlah 52 kali dengan lahan terbakar sekitar 103 hektar. Angka ini mendominasi keseluruhan bencana di Aceh di Februari 2020, yang mencapai 98 kejadian. 

BPBA terus mengimbau warga untuk siaga dan melakukan pencegahan Karhutla di musim kemarau tahun ini. "Pentingnya dilakukan upaya-upaya pencegahan dan pengendalian Karhutla, karena telah menjadi isu nasional bahkan internasional akibat dampak kerugian yang ditimbulkan kejadian tersebut," kata Sunawardi, Kepala BPBA.

BAGIKAN SEGERA WhatsApp

SARAN DARI KAMI