Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulai Kedepannya, Rakyat Yang Ingin Membeli Gas 3 Kg Wajib Punya Kartu Ini



Untuk mengendalikan penyaluran elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi agar tepat sasaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bekerja sama dengan Pertamina menerbitkan kartu kendali. 

Kartu kendali untuk pembelian elpiji 3kg ini diperuntukkan bagi rumah tangga miskin dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang omzetnya di bawah Rp50 juta. Dengan ketentuan maksimum pembelian lima tabung per bulan bagi rumah tangga dan delapan tabung per bulan bagi UMKM.

“Dengan adanya kartu kendali, kita berharap tidak terjadi lagi kelangkaan atau antrean elpiji 3kg ini,” ujar Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono usai menyerahkan secara simbolis kartu kendali elpiji 3kg kepada masyarakat mewakili rumah tangga dan UMKM di Aula Rohana Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak, Selasa (25/8/2020).

Edi Kamtono menambahkan, kartu kendali ini berfungsi sebagai pengendali penyaluran elpiji bersubsidi 3kg dengan kuota terbatas bagi rumah tangga dan UMKM. Hal tersebut sebagai upaya Pemkot Pontianak dalam mengendalikan penyaluran elpiji 3kg berkoordinasi dengan Pertamina.

“Program ini akan kita evaluasi dan monitor, kalau ini berjalan baik tentunya akan diteruskan,” ungkap Edi.

Untuk memperoleh kartu kendali, warga harus terdaftar dengan mengetahui RT setempat, di mana kartu kendali tersebut mempunyai jangka waktu 12 bulan. Dengan demikian pangkalan atau agen sudah mengantongi daftar pelanggan tetap yang sudah terdaftar. Kartu kendali ini juga berfungsi sebagai bentuk ceklist atau pengecekan.

“Apakah kuota elpiji sudah diambil atau belum oleh pelanggan yang terdaftar,” terangnya.

Selain itu, lanjut Edi, kartu itu juga memudahkan Pertamina dalam mengkalkulasikan jumlah kebutuhan elpiji 3kg di wilayah Kota Pontianak. Apalagi jumlah penduduk miskin dan UMKM fluktuatif, bisa bertambah atau berkurang.

“Sehingga menjadi tolok ukur Pertamina untuk mengevaluasi apakah kuotanya bertambah atau berapa banyak alokasi kuota elpiji tersebut,” pungkasnya.