Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gubernur : 4 Jam Sekali Masker Harus Itu Diganti


Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya memakai masker untuk memutus sebaran virus corona penyebab Covid-19. Khofifah menilai, masih banyak masyarakat yang belum memakai masker sehingga harus terus diingatkan. 


"Dari tanggal 14 kemarin sudah dimulai operasi yustisi. Artinya adalah proses law enforcement memang harus lebih ditegakkan seiring dengan proses bagi-bagi masker yang terus kami lakukan," kata Khofifah, usai gowes sambil bagi masker di Kota Malang, Sabtu (19/9/2020).


 "Proses edukasi, sosialisasi ini kan sudah dari Maret. Dan kami melihat memang harus terus diingatkan, harus terus diedukasi, arus terus disosialisasikan," ujar dia.


Khofifah mengatakan, penggunaan masker juga harus tepat. Menurutnya, ada jenis masker yang dalam perkembangannya dianggap tidak efektif dalam mencegah virus. Seperti masker scuba dan buff. 


"Bahkan, sekarang juga ada perkembangan, misalnya jenis masker tertentu tidak disediakan karena tidak cukup sensitif penggunaannya," kata dia. 


Karena itu, melalui agenda bagi-bagi masker yang kerap dilakukannya, Khofifah menginginkan supaya masyarakat mendapatkan masker yang efektif mencegah penularan virus.  


Selain itu, bagi-bagi masker itu bertujuan untuk memberikan stok masker kepada masyarakat. Sebab, pemakaian masker seharusnya empat jam sekali ganti.